Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman Nasional Komodo


Foto: @ribkanataliaa

Taman Nasional Komodo adalah salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi bagi anda masyarakat Indonesia. Mengapa? Berikut ini adalah ulasannya.

Tentang Taman Nasional Komodo
Hal pertama yang akan kita bahas mengenai TamanNasional Komodo adalah mengenai asal usulnya. Taman Nasional Komodo merupakan sebuah taman nasional yang memiliki Pusat di Gunung Rinjani. Lokasi dari Taman Nasional Komodo ini ada di Lombok, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini merupakan salah satu cagar alam yang besar untuk binatang dan juga tanaman. Salah satu binatang yang menjadi ciri khas dari Taman Nasional Komodo ini adalah komodo.

Di Taman Nasional Komodo ini ada lebih dari 4 ribu ekor komodo yang hidup. Seperti yang kita tahu komodo merupakan salah satu binatang buas yang cukup berbahaya. Satu kali gigitan dapat menewaskan mamalia yang memiliki ukuran yang besar. Oleh karena itu ketika ke sana nada akan ditemani tour guide untuk menjaga keselamatan karena komodo adalah salah satu jenis hewan predator yang cukup berbahaya.

Taman Nasional Komodo ini didirikan pada tahun 1980 untuk melindungi komodo sebagai satwa yang terancam punah. Karena keberhasilannya dan karena banyaknya satwa komodo yang bisa hidup di sana, maka Taman Nasional Komodo ini dikukuhkan oleh UNESCO sebagai taman warisan dunia pada tahun 1991.

Sport wisata
Di Taman Nasional Komodo ini ada banyak sport wisata yang bisa anda kunjungi, antara lain adalah :
  • Log liang
Loh liang merupakan tempat pengamatan komodo dan juga satwa lainnya dan juga melakukan pendakian
  • Pantai merah atau pink Beach
Merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal. Pantai ini terkenal dengan pasir yang yang memiliki warna merah atau pink. Selain itu pantai ini juga memiliki perairan yang dangkal sangat cocok untuk diving dan sun bathing
  • Loh Sebita
Loh Sebita adalah daerah mangrove bisa digunakan untuk tracking dan juga pengamatan satwa burung yang banyak di sana.
  • Loh buaya
Loh buaya ini lokasinya di Pulau Rinci merupakan tempat untuk menyaksikan ragam tempat menarik seperti Padang savana, hutan bakau dan juga hewan liar seperti komodo, rusa, kerbau, dan juga banyak burung lainnya.
  • Pulau Padar
Pulau ini lokasinya ada di antara pulau komodo dan Pulau Rinci. Ada banyak pantai yang sangat indah, kegiatan wisatanya adalah diving dan snorkeling.

Aktivitas wisata
Ketika anda di Taman Nasional Komodo ini ada banyak sekali kegiatan wisata yang bisa anda lakukan. Hal ini disebabkan karena Taman Nasional Komodo memiliki area  yang sangat luas dan memiliki alam yang masih terjaga kealamiannya. Lalu apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di sini? Berikut ini adalah list kegiatan yang bisa anda lakukan di sini.
  • Mengamati komodo
  • Melihat keindahan alam di taman nasional komodo
  • Snorkeling
  • Diving di pink Beach
Di pink Beach ada banyak spesies ikan yang indah, banyak sponge dan juga terumbu karang. Hal ini menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat wajib yang harus anda kunjungi karena menawarkan wisata langkap bagi anda.

Tiket dan transportasi
Untuk harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo ini adalah Rp 90.000 setiap orang. Harga ini sudah termasuk wisata tracking dan juga kunjungan ke Pulau Rinci dan Pulau Tadar. Untuk anda yang ingin ke Taman Nasional Komodo ini perjalanan bisa di mulai dari Lombok ke pulau komodo atau dari Kupang ke Ende menggunakan pesawat. Setelah itu ke Labuhan Bajo lalu melakukan perjalanan selama 10 jam dengan menggunakan mini bus lalu ke pulau komodo dengan menggunakan speedboat. Sangat mudah bukan?

Posting Komentar untuk "Taman Nasional Komodo"