Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Curug Cikaso yang Cantik dan Menarik Untuk di Kunjungi

Foto: @intan_juliawaty

Curug Cikaso ialah salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. Untuk Anda yang berencana berkunjung ke Curug Cikaso, maka pastikan untuk menyimak detail informasi yang kami paparkan di bawah ini!

Sekilas Tentang Curug Cikaso
Curug Cikaso merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata terbaik yang ada di Sukabumi. Objek wisata ini terbilang cukup asing di telinga wisatawan, terlebih untuk Anda yang bukan berasal dari Sukabumi. Kurangnya familiar Curug Cikaso bukan tanpa alasan, keberadaan objek wisata di lokasi yang terpencil menjadi alasan utama mengapa Curug Cikaso kurang populer namanya. Meskipun masih sedikit yang mengetahui objek wisata Curug Cikaso, namun pesona keindahan air terjun di tempat ini tidak perlu diragukan lagi.

Curug Cikaso bahkan telah laris dituju oleh pecinta alam yang ingin mendekatkan diri dengan alam. Perlu Anda ketahui, sebenarnya Curug Cikaso memiliki nama asli Curug luhur, hanya saja dikarenakan aliran airnya berasal dari sungai Cikaso akhirnya masyarakat setempat mulai terbiasa menyebutnya dengan nama Curug Cikaso. Objek wisata ini tepat berada di Kampung Ciniti, Desa  Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat. Setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk bisa tiba ke Curug Cikaso dari arah Jakarta.

Pesona Keindahan Curug Cikaso
Curug Cikaso menyimpan pesona yang amat menakjubkan. Air terjun yang jernih menjadi salah satu incaran utama wisatawan, meskipun letaknya sering kali terhalang lembah dan bahkan cukup sulit untuk bisa dicapai. Curug Cikaso memiliki tebing tinggi dengan lebar sekitar 100 meter dan ketinggian mencapai 80 meter. Hal ini membuat Curug Cikaso terlihat lebih gagah saat dipandang mata. Saat debit air lebih tinggi, curahan air terjun akan lebih deras dan tentu saja menghadirkan pesona yang tidak biasa. Aliran air terjun ini akan tumpah dalam satu kolam dan airnya itu terlihat biru kehijauan karena terdapat ganggang yang tumbuh di dalamnya.

Kedalaman kolam tersebut sekitar 22 meter, dan harus dipikirkan ulang jika Anda berniat bermain air di sana nanti. Di tempat wisata ini, Anda juga akan dimanjakan dengan beberapa fasilitas penunjang wisata seperti warung kecil, warung oleh-oleh khas dan beberapa fasilitas umum lainnya.

Transportasi Menuju Curug Cikaso
Meskipun kawasan wisata Curug Cikaso cukup terpencil, namun Anda masih cukup mudah menemukan jalur menuju tempat wisata ini lho. Selain itu, Anda juga bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi menuju objek wisata Curug Cikaso. Bagi Anda yang mengawali perjalanan dari Jakarta, Anda bisa memasuki pertigaan Surade menuju Sukabumi dan membutuhkan perjalanan sekitar 12 km saja untuk bisa sampai ke Curug Cikaso. Anda tidak perlu takut kesasar menuju Curug Cikaso karena alamat lengkapnya juga tertera di Google Maps.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, Anda juga bisa menggunakan ojek nantinya untuk mengantarkan Anda ke lokasi Curug Cikaso. Tiba di Curug Cikaso, terdapat dua pilihan alternatif yang bisa Anda pilih, menyewa perahu melintasi sungai atau memilih berjalan kaki di lereng pegunungan. Kedua pilihan ini menawarkan sensasi dan nuansa tersendiri yang membuat Anda terkesan selama perjalanan.

Tiket Masuk Curug Cikaso
Sebelum masuk ke kawasan wisata Curug Cikaso, Anda diharuskan membayar sejumlah uang tiket terlebih dahulu. Untuk tiket masuk ke Curug Cikaso, harganya sangat terjangkau lho, yaitu sekitar Rp27.000 per mobil dan uang parkir Rp6.000. Untuk menyewa perahu, biaya yang harus Anda keluarkan ialah sekitar Rp 60.000 per perahu yang bisa menampung hingga 10 orang. Bagaimana, siap berlibur ke Curug Cikaso?

Posting Komentar untuk "Wisata Curug Cikaso yang Cantik dan Menarik Untuk di Kunjungi"